Oracle/PL SQL Function : NVL dan NVL2

Kali ini aku mw ngebahas tentang fungsi Oracle/PL SQl yang sering aku gunain waktu ngoding.. Hehe..
Untuk postingan kali ini, aku mw ngebahas tentang NVL  dan NVL2. Kelihatannya hampir sama ya, cuma beda di angka duanya doang. Apa itu NVL dan NVL2? Let’s check it out….

Aku sendiri sih nyebutnya, fungsi untuk Null Value.
Jadi kita menggunakannya saat string yang kita gunakan bernilai null/kosong, kita ingin menggantikannya dengan nilai/value yang lain. Sebagai contoh, kita ingin menampilkan semua data posisi/jabatan karyawan di suatu perusahaan. Jika ternyata data posisi/jabatan karyawan tidak ada isinya, maka kita ingin nilai yang ditampilkan adalah karyawan biasa. Bagaimana caranya?

NVL1

NVL2

yeee.. berhasil..
Trus NVL2 apa? Secara umum, fungsinya sama saja yaitu menggantikan nilai suatu field/parameter yang kosong. Bedanya, NVL hanya dapat digunakan untuk menggantikan field yang kosong saja. Sementara NVL dapat digunakan untuk menggantikan field baik saat kosong maupun tidak. Bingung? Aku juga.. Hehe..

Berikut sintaks penggunaan NVL dan NVL2

nvl3

nvl4

 

Dari sintaksnya saja udah jelas kan bedanya NVL dan NVL2? Amin😀
Untuk contoh penggunaan NVL2, seperti gambar berikut.

nvl5Sepp dah.. Sekian artikel dari saya. Semoga mudah dimengerti hehe.. dan bermanfaat buat para pembaca..
Jangan lupa tinggalin komeng nya yah..

Leave a Reply

